PERALATAN YANG WAJIB DI BAWA SAAT MENDAKI GUNUNG






1. Carrier 
Untuk ukuran disesuaikan Semakin besar tas yang dibawa maka akan semakin banyak barang yang dapat dimasukkan didalamnya. Memang saat menata barang sangatlah banyak yang akan dibawa khususnya untuk para Calon Emak-Emak Memang boleh membawa banyak tapi perhitungkan juga bagaimana saat menggendong tas dengan muatan barang berkilo liter tersebut, jangan sampai merepotkan teman yang lainnya.


2. Sepatu Gunung atau Sandal Gunung
Jalanan untuk mencapai puncak gunung tidaklah semulus jalan raya yang biasanya dilewati orang yaitu bukan aspal melainkan pasir dengan bongkahan bebatuan yang dipijaki. Terlebih lagi pada saat hujan, jalan atau medan pendakian akan sangatlah licin dan sering membuat para pendaki terpeleset. Dianjurkan memakai Sepatu Gunung yang anti Air atau Waterproof agar ketika dipakai tiba-tiba turun hujan air tidak merembes dan masuk ke kaki karna jika dibiarkan dapat menyebabkan masuk anjing.



3. Kompor Portable & Nesting 
Untuk menghilangkan rasa lapar dan menambah stamina saat melakukan pendakian maka dituntut untuk makan makanan yang mengenyangkan. Dianjurkan memakai Kompor Windproof atau anti angin agar api stabil dan masakan cepat matang 



4. Jaket Gunung / Jaket Tebal 
Saat mendaki gunung sangat dianjurkan menggunakan jaket Windproof dan Waterproof karena tubuhmu akan tetap terasa hangat walaupun turun hujan saat mendaki .





5. Celana Hangat
Melakukan perjalanan yang berkilo meter tidaklah mudah jika menggunakan celana yang ketat dan membuat urat-urat kaki menjadi tegang atau yang lebih parah lagi akan menyebabkan varises . 
Saat tidur dianjurkan memakai celana Training, Hindari celana Jeans atau celana ketat lainnya dianjurkan memakai celana longgar dan anti air / waterproof agar tetap nyaman dipakai jika terjadi hujan saat mendaki.



6. Sleeping Bag
Tidur di alam terbuka bukanlah hal yang sepele. Hawa dan suhu yang dibawah rata-rata dapat menyebabkan hypothermia bagi orang yang tidak kuat dengan suhu mendekati minus tersebut. Biasanya para pendaki yang tidak mau rempong hanya mau membawa sarung dengan alasan simple. Tapi sangatlah disarankan membawa SB agar suhu badan tetap stabil.


7. Tenda
Kapasitas muatan tenda yang berbeda-beda memungkinkan para pendaki membawa tenda yang sangat besar agar bisa bebas bergerak saat tidur dan tidak merasa sempit. Ketahuilah bahwa semakin besar tenda maka semakin berat dan semakin kecil tenda yang dipakai dengan jumlah orang yang banyak membuat badan terasa hangat.


8. Matras 
Alas tenda yang biasanya terbuat dari terpal akan terasa sangat dingin untuk tubuh kita saat tidur, untuk itu sangat dianjurkan alas tenda dilapisi Matras yang akan membuat tidur kamu menjadi nyaman .


9. Senter 
Untuk beraktifitas dimalam hari tentunya, apalagi yang kamu butuhkan kalau bukan senter. Agar praktis saat dipakai lebih baik menggunakan headlamp atau senter kepala dan  Untuk berjaga-jaga dikhawatirkan terjadi badai kabut maka dianjurkan membawa Senter yang tembus kabut



10. Jam
Ada beberapa pilihan jam yang dapat digunakan seperti jam tangan, jam di handphone dan jam dinding kalo kamu mau :v
Disesuaikan saja tapi lebih praktis memakai jam tangan karna jam handphone akan merepotkan jika baterainya habis, naik gunung kan memakan waktu yang cukup lama 



11.Jas Hujan
Jas hujan memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan ketika hujan tentunya . 



12. Sarung Tangan

13. Geiters
Untuk mencegah pasir masuk ke dalam sepatu kita membutuhkan ini



13. P3K
Untuk berjaga-jaga terhadap pertolongan pertama saat luka berikut daftarnya:
1. Antiseptik (obat merah, betadin)
  • Untuk luka luar, jangan remehkan kena gores, lecet, sobel, teriris, cepat oleskan antiseptic            sebelum luka lebih parah karena infeksi.
2. . Alkohol (70-90 %)
  • Untuk mencuci dan membersihkan luka agar steril, untuk kemudian diolesi antiseptic
3. Perban (kasa steril)
4. Sakit kepala dan flu (panadol, decolgen,dll)                                      
5. demam (paracetamol,dll)
6. Obat Diare (diapet, new diatab, dll)
7. Tetes mata (insto, rohto, visine,).
8. Plester (hendyplas, hansaplas, dll)
9. Oralit
  • Untuk menetralisir racun bila kita keracunan atau sakit perut karena salah makan.
10.Obat Batuk (OBH, dll)
12.Penkiller
  • Untuk mengurangi rasas sakit misalnya sakit gigi.
13.Keseleo (counterpen, dll)
14.Antibiotik (amoksilin, dll)
15. Aspirin
  • Untuk mengurangi rasa nyeri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Pendakian Gunung Cikuray Hemat Biaya Perjalanan dari Jakarta Barat

OLYMPUS MONS Gunung Tertinggi Di Tata Surya Kita

Tips Menghadapi Badai Untuk Pendaki