Ternyata Gunung Everest Bukanlah Yang Tertinggi


Mauna Kea merupakan gunung yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Gunung ini memiliki ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut. Dimana puncak gunung ini jauh lebih rendah dari gunung Everest. Tatapi gunung Mauna Kea ini sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Ketinggian dari gunung yang satu ini di dasar laut adalah sekitar 6000 meter di dalam air di bawah Lautan Pasifik. Sehingga jika ditotalkan, maka ketinggian gunung ini di bawah permukaan laut dan di atas permukaan laut yaitu sekitar 10.205 meter dan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ketinggian gunung Everest, menurut laporan dari United States Geological Survey(USGS).

Gunung Mauna Kea ini memiliki volume sebesar 3.200 kilimeter kubik. Ukurannya yang sangat besar dari gunung yang satu ini membuat gunung yang berada disebelahnya, yakni Mauna Loa menekan ke dasar laut di bawahnya hingga 6 kilometer.
Karena beban yang ditanggung, gunung Mauna Kea ini terus turun dan semakin merata. Adapun penurunan ketinggian dari gunung yang satu ini yaitu mencapai 0,2 milimeter dalam setiap tahunnya. Dan sebagain besar masa gunung ini yaitu berada pada puncaknya.
Pada saat ini, puncak tertinggi dari Mauna Kea yang memiliki ketinggian 4.205 di atas permukaan laut ini memiliki selisih hanya 35 meter dari gunung sebelahnya, Mauna Loa yang memiliki tinggi 4.169 meter di atas permukaan laut.
Dalam bahasa Hawaii sendiri, Mauna Kea berarti adalah Gunung Putih karena puncak gunung ini tertutupi oleh salju. Oleh sebab itulah, puncak bersalju ini senantiasa menarik minat para penggemar jet ski untuk meluncur di sana. Lerengnya yang landai membuat gunung ini menjadi kawasan yang begitu populer untuk aktivitas memburu, mendaki dan menikmati pemandangan.
Keadaan lokasi gunung Mauna Kea ini berhampiran dengan iklim khatulistiwa, untuk itulah hal tersebut menjadikan Gunung Mauna Kea ini termasuk di dalam wilayah pemerhati untuk kajian astronomi yang baik. Tingkat kelembapan yang rendah serta keadaan langitnya yang cerah telah menjadikan cuaca pada puncak gunung tersebut sebagai titik terbaik untuk menerepong serta menganalisa angkasa. Bahkan gunung ini pun merupakan tempat yang sangat baik utuk mengamati angkasa melalui teleskop.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Pendakian Gunung Cikuray Hemat Biaya Perjalanan dari Jakarta Barat

OLYMPUS MONS Gunung Tertinggi Di Tata Surya Kita

Tips Menghadapi Badai Untuk Pendaki