OLYMPUS MONS Gunung Tertinggi Di Tata Surya Kita


OLYMPUS MONS
Olympus Mons atau dalam bahasa latin "Mount Olympus" adalah gunung berapi terbesar yang pernah di ketahui di Tata Surya. Gunung ini terletak di Planet Mars.

Olympus sebelumnya tak pernah dideteksi sebagai sebuah gunung. Dulu citranya hanya nampak seperti daratan biasa saja dari atas. Namun, beberapa waktu kemudian satelit bernama Probe memastikan jika Olympus adalah sebuah gunung, dan yang bikin terkejut lagi gunung ini punya ketinggian yang tak karuan.





KETINGGIAN OLYMPUS
Ketinggian Olympus 25 kilometer atau 25.000 meter tentu
bukanlah angka yang main-main. Kalau dibandingkan dengan Everest, Olympus kurang lebih berukuran tiga kali lipatnya. Bayangkan, jika puncak Everest saja seolah sudah mencapai atap langit, maka seperti apa ujung Olympus? Sungguh benar-benar tak bisa dibayangkan.



Tak Hanya Sangat Tinggi, tapi Juga Luar Biasa Besar
Olympus tak hanya memiliki ketinggian yang luar biasa, tapi juga punya diameter yang begitu panjang. Menurut data yang ada gunung ini memiliki lingkar tengah kurang lebih sekitar 600 kilometer. Ukuran sepanjang ini sama seperti tiga kali lebar Depok atau dua kali Medan. Benar-benar besar, kan?




Olympus yang luas
Kalau kita bicara coverage area, gunung ini memiliki luas hampir 300 ribu kilometer atau hampir seluas Italia. Sebagai perbandingan, gunung Everest memiliki coverage aera hanya sepertiga atau kurang dari yang dipunyai Olympus. Makin nggak terbayangkan ya betapa gunung ini sangat besar.





Terbesar di Tata Surya dan Masih Aktif
Dengan ketinggian mencapai 25 kilometer serta luas hampir 600 kilometer, tak heran kalau pada akhirnya gunung ini dijuluki sebagai yang paling tinggi di Tata Surya. Sebelum ditemukan Olympus ada banyak kandidat untuk gelar istimewa itu. Salah satunya adalah gunung Boosaule Montes yang ada di Io, satelit Jupiter, yang punya ketinggian 17 ribu meter.





Everest vs Olympus
Hal yang menarik soal Olympus bukan hanya tentang tinggi atau luasnya saja, tapi juga fakta kalau gunung satu ini ternyata masih aktif. Jadi, sewaktu-waktu ia bisa meledak dan kalau itu terjadi maka mungkin saja akan memengaruhi Mars secara global. Jika krakatau yang tak sebegitu besar saja sukses bikin kacau Bumi, apalagi Olympus yang berkali-kali lipat.

Siapa sangka jika Everest yang sudah segila itu, ternyata punya saingan yang nggak kalah edan. Olympus, gunung satu ini sukses menandaskan Everest soal ketinggian dan jadi gunung tertinggi di muka Bumi. Sejauh ini Olympus jadi yang tertinggi, tapi tidak menutup kemungkinan di kemudian hari nanti akan ditemukan gunung-gunung yang lebih gila lagi. Masing sangat mungkin karena Tata Surya ini lebih luas daripada yang bisa kita bayangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Pendakian Gunung Cikuray Hemat Biaya Perjalanan dari Jakarta Barat

Tips Menghadapi Badai Untuk Pendaki